Business

Breaking News

Pengertian SEO

Seo
Kalian pembuat konten Blog?
Tau Istilah Seo?🤔
Apasih Seo??🤔
Cari tau disini👇

      Seo (Search Engine Optimization) atau Optimasi Mesin Pencari (dalam bahasa indonesia) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencarimenuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritme mesin pencari tersebut.

       Ada dua jenis hasil yang di tampilkan oleh mesin pencari google, yaitu hasil pencarian yang berupa iklan (akan langsung berada di posisi teratas). Produk iklan dari google ini dikenal dengan adwords. Dimana anda bisa membayar google untuk langsung menampilkan website anda dengan cara membayar. Yang perlu diingat adalah biaya iklan ini cenderung “mahal” bagi sebagian orang.
Yang kedua adalah hail pencarian organicatau alami dimana google menempatkan website anda di halaman pertama tanpa perlu membayar. Ini disebabkan oleh banyak fator, dimana kita akan membahas dasarnya di bawah ini.
Hasil organic inilah yang tentu menjadi idaman para pebisnis online. dikarena-kan google bekerja 24 jam non-stop yang berarti website anda akan kebanjiran sales secara terus menerus. Banyak diluar jasa seo yang berbayar yang bisa anda gunakan, namun apabila anda memiliki waktu luang, anda bisa banget kok lakuin sendiri.
Nah, Apa tujuan SEO?
Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Intinya mengoptimasi pencarian google biar Konten kita/artikel kita Lebih mudah dicari atau di bagian atas😎

Jadi kalau blog kita ingin banyak yang ngunjungin ya DiSeoin aja :v

gatau caranya? tenang aja Teman teman, Suhu ada kok Caranya 😂 Naru juga masih Newbie sih, tapi gapapalah Syer buat teman teman

10 Tips Seo 😂

Yang perlu diingat dari semua tips dibawah ini adalah jangan pernah melakukan SPAM!!


1. Backlink / link balik


Backlink adalah dimana website lain memiliki link ke website anda. Usahakan link tersebut berasal dari website yang relevan dengan tipe website anda. Contoh apabila anda menyediakan jasa profesional fotographer maka anda bisa bergabung di forum-forum fotography lokal maupun internasional dan menjadi peserta aktif pada forum tersebut (gunakan backlink ke website anda pada bagian signature), Masih banyak cara untuk membuat baclink yang bernilai. seperti membuat press release, tutorial, artikel dan lainnya. Ya intinya Kek Simbiosis juga sih, kita Pasang link blog dia, dia juga pasang blog kita 😂

2. Optimalisasi struktur website anda.

Untuk hal ini ada baiknya anda mengerti sedikit HTML, namun tidak wajib. Caranya cukup mudah, anda tinggal google topik tersebut dan bagaimana melakukan perbaikan pada website anda,
Struktur yang perlu anda perhatikan adalah :
  • Heading (susunan tag h1, h2 dst) yang baik dan benar
  • Meta tags dan keyword. Ini adalah bagian dari website dimana setiap halaman idealnya memiliki penjelasa masing-masing sesuai konten yang ada. Apabila anda menggunakan open source CMS seperti wordpress hal ini dapat dengan mudah dilakukan dengan plugin SEO.
  • Pastikan setiap gambar memiliki alt dan image size.
  • Gunakan W3C validator untuk mengecek sintaks HTML anda yang tidak sesuai standard, tidak harus 100%, namun tentu lebih valid akan lebih baik.
  • Pastikan tidak ada link di website anda menuju halaman website yang tidak ditemukan / atau link mati.
  • Meta sosial media, twitter dan facebook sebagai contoh meminta anda untuk menyediakan tag dan meta yang sesuai dengan format mereka. Untuk facebook anda bisa menggunakan tools share debugger ini untuk melihat apakah apabila ada orang melakukan share alamat website anda di Facebook susah sesuai dengan keinginan anda.
Anda juga bisa menggunakan tools SEO ini untuk membantu membuat analisa report secara otomatis hal-hal apa saja yang perlu di optimalisasi terkait struktur website anda. cukup masukan URL atau alamat website anda dan tools tersebut mampu mendeteksi error atau perbaikan untuk meningkatkan performa website anda.

3. Peta situs dan robots.txt

Peta situs atau biasa dikenal sitemap anda bisa generate dengan SEO tools ini, atau plugin. Sedangkan robots.txt file yang berfungsi untuk “berbicara” dengan search engine bahwa bagian website mana yang harus di index oleh search engine dan bagian mana yang tetap harus private, sebagai contoh bagian admin website anda. Tentu anda tidak ingin di index oleh google, karena itu akan membuat security hole pada web/aplikasi anda.
Generate secara otomatis sitemap dan robot.txt website anda menggunakan sitemap generator disini

4. Kecepatan website.

Ini juga mempengaruhi, bukan Speed Internet 😂. Maksudnya Hosting yang cepet biar wus wus, kecepatan server juga biar makain wus wus. anda juga bisa menggunakn service seperti CDN (content delivery network) untuk membuat load lebih cepat karena CDN server akan melakukan cachingatau copy website anda dan menyajiakan nya kepada pengunjung dari server CDN yang terdekat dengan lokasi pengunjung website anda.

Servis CDN yang bisa anda gunakan secara gratis adalah cloudflare.

5. Responsive website.

Google sebagai mesin pencari ingin website yang “direkomedasikan” oleh nya selalu terlihat bagus terlihat di semua jenis browser baik itu browser dari komputer desktop maupun browser pada gadget seperti hanphone dan tablet.
Selalu lakukan cek dan ricek dari gadget anda sendiri apakah website anda masih terlihat “bagus” dan jelas pada saat di akses dari hanphone dan tablet.

6. Bangun Kepercayaan dengan HTTPS.

Kepercayaan adalah hal mahal dalam semua hal, begitupun search engine seperti google ingin sedapat mungkin menyajikan website yang terpercaya.
Yang ini Saya sendiri sih belelom paham 😂😂😂🤣🤣

7. Update konten.

Ini yang paling sering ditanyakan para penggiat SEO, seberapa seringkah kita harus melakukan update pada website agar meningkatkan rangking website? Jawabannya adalah, tidak ada patokan khusus berapa sering, bahkan ada beberapa website yang tidak pernah diupdate tahunan tetap menduduki rangking #1 hasil pencarian.

8. Gunakan Fasilitas Tracking / Analytic

Google menyediakan jasa website analytic yaitu google analytic, dimana anda bisa mendaftar secara gratis. Fungsi Google analytic kurang lebih adalah sebagai tool untuk menganalisa pengunjung website anda, seperti berapa banyak kunjungan website anda, “siapa” pengunjung website anda, dari mana pengunjung tersebut datang ke website anda dan masih banyak fitur lainnnya yang sangat amat teramat bermanfaat untuk anda analisa.

9. Domain atau alamat website.

Sebisa mungkin gunakan alamat website anda yang mirip dengan jasa/produk yang anda jual. contoh, gunakan jasadesainlogo.com untuk anda yang memiliki service jasa pembuatan desain logo dsb.
Sekali lagi ini adalah tidak mutlak dan tidak harus, namun yang perlu selalu di ingat ini adalah bagian dari signal / faktor mesin mencari “menilai” website anda. dibandingkan faktor backlink atau struktur website, porsi penamaan domain yang sesuai dengan jasa atau produk anda itu lebih kecil.
Yang kedua adalah, orang cenderung membeli domain itu pertahun. Saran saya adalah beli domain untuk jangka waktu yang lebih lama, seperti 3 atau langsung sekaligus 5 tahun. Ini menandakan anda memang “ber-investasi” terhadap aset anda dan lebih “serius”.

10. Online Profile

Yang terakhir dan TIDAK KALAH PENTING adalah sosial media. Dengan banyak nya sosial media saat ini, anda bisa dengan mudah dan gratis untuk mendaftar. usahakan selalu menggunakan username sesuai dengan alamat website anda. Pastikan bisnis online anda memiliki profile pada top sosial media yaitu Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, Linkedin dan sudah tentu google plus.
Apabila anda memiliki toko fisik, maka sudah seharusnya website anda terindex oleh google map. Daftarkan segera bisnis anda di Google business, gratis!

Nah segini aja ya?
emang nulisnya kan 10 :v, Jadi dalam Dunia Blog yang terpenting adalah Creatornya masih idup 🤣😂 (Gajelas anjay :v)
Sekian dari Suhu 😂

No comments